Fedora 18

19 Jul 2013

Fedora 18 “Spherical Cow” hadir dua bulan setelah jadwal yang ditetapkan semula awal bulan November 2012. Disamping serangkaian desktop terbaru dari Gnome, KDE, Xfce dan Mate, rilis ini membawa peningkatan pada sistem Virtualisasi dan Cluster.

Spherical Cow mendukung Secure Boot dan mengenalkan program instalasi yang telah diperbaharui secara menyeluruh. Yang menarik pada Fedora 18 “Sapi Bulat” ini bagi pengguna biasa adalah lingkungan desktop versi terbaru GNOME 3.6, ditanamkan di Fedora 18 versi standar, yang langsung dijemput dari proses pengembangan proyek Gnome. Pilihan lingkungan desktop lainnya adalah KDE Plasma Workspace 4.9, Xfce 4.10, Sugar 0.98 telah ditingkatkan dan untuk kali pertama juga menyertakan desktop MATE untuk melayani mereka yang masih setia bersama GNOME 2.

Perbaikan tampilan terutama pada installer Anaconda yang kali ini diklaim lebih mudah digunakan. Fedora 18 menyediakan platform awan OpenStack yang telah ditingkatkan ke rilis Folsom, yang belum lama dirilis oleh komunitas OpenStack. Fitur ini juga memberi kemudahan dalam pembuatan dan pengelolaan infrastruktur awan (cloud) pada IaaS (Infrastructure-as-a-Service). Platform IaaS lainnya seperti Eucalyptus 3.1, juga untuk pertama kalinya menyertai Fedora 18 berikut beberapa komponen utama Eucalyptus. Eucalyptus dapat memanfaatkan infrastruktur eksisting untuk membuat awan yang kompatibel AWS, skalabel dan aman untuk komputing, jaringan dan penyimpanan data. Bagi yang ingin membangun awan pribadi disediakan paket aplikasi ownCloud 4.5 siap dipasang.