Mandriva 2011 “Hydrogen” Telah Rilis

14 Sep 2011

Distributor Linux Mandriva telah merilis versi Mandriva 2011. Desktop Mandriva 2011 disamping fokus mengoptimalkan KDE, juga telah menerapkan jadwal siklus rilis baru yang berbeda dengan distro lain pada umumnya, termasuk menyediakan edisi dengan dukungan jangka panjang (LTS).

Dimasa mendatang peluncuran versi baru hanya tersedia hanya satu kali setiap tahun dan menjanjikan dukungan selama 18 bulan atau tiga tahun untuk versi LTS (Long Term Support). Kecuali itu distro ini akan lebih terbuka terhadap komunitas yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan Mandriva Linux.

Mandriva Fokus Optimalkan Desktop KDE.

Pembaruan lainnya di Mandriva 2011 adalah secara resmi hanya mendukung KDE sebagai lingkungan desktop yang diunggulkan Mandriva, dan kali ini menyertakan KDE SC 4.6.5. Sementra itu Gnome, Xfce atau desktop lainnya akan disediakan sebagai paket software yang dikembangkan dan didukung oleh komunitas.

Dengan konsentrasi untuk KDE, pengembang Mandriva berharap bisa menjadi distribusi dengan desktop KDE terbaik diantra semua distro yang ada. Kecuali itu Mandriva pada prinsipnya menyediakan hanya satu program terbaik untuk setiap aplikasi yang telah diuji coba secara rinci. Dengan dengan demikian ukuran media dapat direduksi secara dramatis dan kini untuk rilis Mandriva 2011 hanya mengisi sepertiga dari DVD installer (1.6 – 1.7 GB) yang juga dapat dijalankan sebagai LiveDistro. Program lainnya, bila diperlukan bisa dipasang menggunakan pengelola paket dari lumbung repositori yang tersedia.

Sumber : http://gudanglinux.com

Mandriva 2011 sudah tersedia di SINGO. Silahkan untuk download di menu ISO Linux