Oneiric Ocelot: Ubuntu 11.10

17 Okt 2011

Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot” telah rilis berikut lingkungan desktop Unity yang telah disempurnakan disamping menyediakan beberapa versi Ubuntu Minimal, yang bisa dijadikan bahan baku membangun distro khusus sesuai dengan selera pengguna.

Konsep Unity juga telah dikembangkan dengan penerapan konsep “Scopes dan Lenses“. Lensa untuk pencarian titel musik yang secara daring disimpan di toko musik Ubuntu One juga telah disediakan. Thunderbird kini menggantikan Evolution sebagai klien Email. Déjà Dup merupakan standard untuk kebutuhan akan perkakas Backup. Versi baru untuk klien Twitter Gwibber diklaim lebih cepat dan telah diselaraskan dengan Gnome 3.2 yang datang bersama Ubuntu 11.10.

Ubuntu 11.10 ditenagai menggunakan Kernel Linux 3.0.3, dan GCC yang diupdate ke versi 4.6 disamping NetworkManager versi 0.9. Pustaka dan paket aplikasi 32-Bit kini dapat dipasang di sistem 64-Bit tanpa masalah.

Untuk Ubuntu Server, kali ini kembali menyertakan Hypervisor Xen, disamping juga mendukung Linux-Container (LXC). Orchestra, yaitu koleksi software bebas terbaik untuk mengelola infrastruktur di pusat data, juga telah disediakan. Salah satu fitur penting untuk server adalah Juju, yang dikembangkan dengan nama Ensemble. Juju diintegrasikan untuk menyediakan perkakas untuk mengelola dan memungkinkan penyebarluasan layanan di awan dan server biasa. Ubuntu Server 11.10 juga telah mendukung arsitektur ARM.

Sumber : http://gudanglinux.com

Ubuntu 11.10 sudah tersedia di SINGO, silahkan untuk didownload