Sekilas tentang Knoppix

15 Jul 2011

Knoppix merupakan distro linux berbasis Debian. Knoppix didistribusikan dalam bentuk Live CD. Dengan menggunakan Live CD, tidak diperlukan instalasi dalam penggunaannya. Tidak ada yang perlu diinstall di harddisk untuk mencoba berbagai perangkat lunak yang disertakan. Aplikasi-aplikasi yang disertakan dalam Knoppix diantaranya OpenOffice.org, Abiword, Gimp, Konqueror,Firefox, Apache, PHP, MySQL, dan ratusan aplikasi lainnya.

Hardware minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Knoppix adalah CPU Intel yang kompatibel (i486 atau lebih tinggi), 32 MB RAM untuk mode teks, setidaknya 96 MB untuk mode grafik dengan KDE (setidaknya 128 MB RAM direkomendasikan untuk penggunaan macam-macam produk office), CD-ROM drive yang bisa boot, atau floppy yang bisa boot dan standar CD-ROM (IDE/ATAPI atau SCSI), standar kartu grafik SVGA yang kompatibel, standar mouse serial atau PS/2 atau mouse USB kompatibel IMPS/2.

Untuk memulai CD, atur pengaturan BIOS di komputer anda agar mem-boot langsung dari CD. Masukkan CD ke dalam drive-nya, dan nyalakan (atau restart) komputer. Jika komputer anda tidak punya fasilitas ini, anda harus menggunakan sebuah boot disk. Anda dapat membuat disk ini dari image di Knoppix/boot.img dalam CD

 

Pustaka :

http://www.knoppix.net/wiki/Main_Page
http://www.knoppix.net/wiki/Indonesian_General_FAQ